Langsung ke konten utama

Tutorial Bikin BLOG Menggunakan WORDPRESS

Setelah banyak posting tentang wordpress, terpikir juga untuk mengumpulkan menjadi satu tutorial tentang wordpress. Untuk sekarang saya fokuskan dulu untuk wordpress yang gratis dengan domain belakang wordpress.com. Untuk selanjutnya kemungkinan akan membuat tutorial baru tentang wordpress yang berbayar. Semoga masih ada waktu untuk membuat tutorialnya.
Wordpress adalah Content Managemen System (CMS) software untuk membuat blog, blog sendiri seperti tutorial terdahulu adalah tempat untuk menuangkan ide, cerita, gagasan dan kreatifitas anda di internet. Wordpress merupakan salah satu CMS yang banyak dipakai oleh orang, karena mudah digunakan dan banyaknya widget yang tersedia.

Instalasi
Untuk memulai tutorial tentang wordpress online anda bisa mengikuti langkah berikut :
1.Buka http://id.wordpress.com

2.Klik daftar Sekarang untuk mendaftar wordpress Online.

3.Karena ini dalam bahasa Indonesia jadi Isi sendiri Data diri anda. Saya yakin bisa Ko.
4.Setelah selesai klik Berkutnya, Selesai sudah buat account untuk wordpress Online.
5.Akan keluar kotak berikut, Silahkan ikuti instruksi yang ada.

6.Judul Blog merupakan Judul untuk Blog anda (biasanya tertulis di atas), Silahkan isi sesuka anda. Setelah selesai Klik Daftar.
7.Selesai juga buat account blog anda, silahkan buka email anda dan klik link yang ada didalam email yang dikirim oleh wordpress.
8.Kalau anda mau update Profil account anda silahkan isi saja form yang ini, atau kalau tidak mau abaikan saja.

9.Jika anda ingin merubah alamat email untuk account blog wordpress anda silahkan ubah yang ini.

10.Setelah diklik link yang ada diemail anda maka akan keluar kotak seperti ini.

11.Selamat, Blog anda sudah selesai dibuat. Untuk konfigurasi silahkan klik Login, atau kalau mau lihat blog anda klik View your site.
12.Konfigurasi blog anda dengan masuk login.

13.Isikan Nama Pengguna dan Kata sandi seperti Acount yang di atas. Setelah selesai klik Masuk Log.
14.Tampilan awal Dasbor wordpress seperti ini.

15.Selesai, Untuk tahap Instalasi. Tutorial akan dilanjutkan ke tahap konfigurasi dan Mengisi Blog anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhitungan Manual AHP (Analytical Hierarchy Process)

Algortitma AHP Analytical Hierarchy Process (AHP)  merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria digunakan untuk masalah yang kompleks. Metode  Analytical Hierarchy Process (AHP)  ini dikembangkan oleh Prof. Thomas L. Saaty, Metode AHP merupakan sebuah hirarki fungsional dengan input utamanya presepsi manusia. Metode algoritma AHP ini mendukung pengambilan keputusan multi kriteria untuk mendapatkan keputusan yang terbaik dari berbagai alternatif kriteria pilihan kemudian membuat ranking alternatif keputusan.

Sistem Monitoring Persediaan Barang Berbasis Web (GRATIS)

Pada umumnya Klasifikasi inventory dibagi menjadi 5 kelompok yaitu : a. Persediaan Bahan Baku ( Raw Material Inventory). b. Persediaan Bagian Produk atau Part yang dibeli ( Purchased ) c. Persediaan Bahan-baku Pembantu (S upplies Stock ) d. Persediaan Bahan Setengah Jadi (W ork In Process Inventory ). e. Persediaan Barang Jadi (Finish Goods Inventory). Adapun fungsi persediaan (inventory) bisa dibagi menjadi 3 bagian :

Perhitungan Manual Metode Weighted Product (WP)

Metode Weighted Product  adalah salah satu analisis keputusan multi-kriteria (MCDA) yang sangat terkenal atau metode pengambilan keputusan multi-kriteria (MCDM). Metode Weighted Product (Basyaib, 2006, 139)  merupakan metode pengambilan keputusan dengan cara perkalian untuk menghubungkan rating atribut, dimana rating setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan.